SUFI

JALAN SUFI … sufisme … tasawuf

Jalan sufi adalah sufisme atau tasawuf yaitu jalan yang ditempuh para sufi untuk menemukan Cahaya Illahi sebagai manifestasi diri Allah dan untuk mendapatkan pengetahuan tentang realitas hakiki dari segala sesuatu. Pengetahuan yang hanya diketahui oleh mereka yang memiliki jiwa keagamaan dan diberi hidayah Allah.  Pengetahuan yang tidak pernah didapatkan di bangku sekolah…
Sufisme atau Tasawuf dimulai sebagai ilmu, di tengahnya amal dan pada akhirnya adalah karunia Allah. Sufisme atau Tasawuf adalah Ilmu untuk memperbaiki hati, menjaganya dari berbagai keinginan dan hawa nafsu kemudian menjadikannya berserah diri semata-mata kepada Allah… Sufisme merupakan Ilmu khusus untuk mengobati  semua penyakit hati, pembersih jiwa, penyelamat  dari sifat-sifat tercela dimana Ikhsan adalah bidang kajian utamanya.
Sufisme bukan sebuah aliran atau sekte. Sufisme adalah ajaran bathiniah, ajaran rahasia yang terkandung dalam semua agama.  Suatu seni perjalanan spiritual yang Transendental, ajaran yang tidak terjangkau akal dan pikiran… Bukan kajian ilmiah … karena …Ilmu pengetahuan merupakan tabir yang sangat pekat…  Suatu pengalaman spiritual yang aktual dan autentik …
Menurut ajaran Islam, kesempurnaan keberagamaan seseorang bila kita telah mencapai tingkatan  : Iman – Islam – Ikhsan.  Iman melalui  ilmu ushuluddin.   Islam melalui ilmu fiqih.   Ikhsan melalui ilmu tasawuf yang disebut juga sebagai ilmu thareqat…

Kata Junaed al Bagdadi :
Syareat tanpa haqikat fasik.
Haqikat tanpa syariat zindik, bila seseorang melakukan kedua-duanya maka sempurnalah kebenaran orang itu.
Tasawuf mengambil setiap sifat mulia dan meninggalkan setiap sifat tercela.  Sufi adalah orang yang fana dalam dirinya dan tenggelam dalam Tuhannya, baka dalam diri Allah…
Menurut Asy-syadzili, tasawuf adalah praktik dan latihan diri melalui cinta yang dalam dan ibadah untuk kembali ke jalan Allah
Tasawuf menurut Simuh : Ajaran atau kepercayaan tentang kebenaran sejati atau Tuhan bisa didapatkan melalui meditasi atau tanggapan kejiwaan yang bebas dari pengaruh akal pikiran dan panca indera.
Ciri khusus tasawuf adalah fana dan kasyaf.
Kata Nabi Muhammad saw : Segala sesuatu ada pembersihnya, pembersih qolbu adalah dzikir.  Jalan terdekat menuju kepada Allah adalah dzikir …!!!

Perjalan sufi disebutnya suluk atau perjalanan tharekat . Tharekat juga artinya jalan…Para pencari Tuhan yang melakukan suluk disebutnya salik.   Para Sufi tidak terikat dogma keagamaan namun mereka tetap menghormati ritual-ritual agama selama hal tersebut memperkuat keserasian sosial, bahkan para sufi memperluas ajaran dasar agama. Mereka tidak memiliki tempat peribadatan regular, tidak terikat organisasi keagamaan apapun, tidak taklid buta pada adat …tidak taklid pada dogma apapun, tidak takut kepada para pejabat. Para Sufi terbebas dari ambisi, keserakahan serta kebanggaan intelektual… Mereka berada di dunia…namun bukan bagian dari dunia … Mereka bersembunyi di tempat terang … Sufi, realitas tanpa nama, merupakan komunitas rahasia spiritual semua agama. Mereka menjalani kehidupan sejati ... bukan kehidupan semu … Sebetulnya merekalah yang disebut ahli kitab …

Pelajaran sufisme meliputi
Syari’at
Thariqat - tasawuf
Haqiqat
Ma’rifat

Syari’at :
§  Jalan setapak menuju saluran air…
§  Dipelajari melalui ilmu fiqih dan usuluddin.  Kepastian hukum tata cara beribadah.
Aqidah, perintah dan larangan
Menjalin hubungan dengan Allah dan antar manusia.
Amal-ibadah … olah lahir … membangun akhlak yang baik
Sumbernya dari wahyu Allah dan sunnah …
§  Pemahamannya melalui otak kiri.

Thareqat  - Tasawuf
§  Jalan dari saluran air menuju mata air
Riyadhoh …Suluk… Lelaku khusus … Olah bathin … untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan melalui pengalaman spiritual yang dialami secara pribadi bukan kata orang lain…Terutama melalui dzikir-meditasi… olah bathin.   Pengembangan otak kanan …
Riyadhoh-Suluk-lelaku khusus :
Taubatan nasuha … langkah awal …
Wara, menghindari hal-hal yang syubhat
Kona’ah
Zuhud
Tawakal
Sabar dan Ikhlas
Selalu bersyukur
Ridho - rela

Olah bathin :
Mujahadah – melawan hawa nafsu
Muhasabah – evaluasi dan introspeksi
Muraqabah – merasa selalu diawasi Allah
Mahabah – rasa cinta kepada Allah
Musyahadah – penyaksian alam ghoib
Mukasyafah – penghayatan alam ghoib
Firman Allah :
Aku buka tabir yang menutupi matamu, maka pandangan matamu menjadi tajam
( Surat Al Qaaf 50 : 22 )

Haqikat :
§  Sudah mencapai sumber mata air.  Mencari Sang Pencipta air
Tonggak terakhir … tajalli … mukasyafah,  penyaksian dan penghayatan rahasia-rahasia ketuhanan melalui mata hatinya …

Ma’rifat :
§  Sampai kepada Sang Pencipta air
Para pencari (Salik) , sampai pada … Al Haq …

Ibarat buah kelapa :
Kulitnya adalah syari’at
Dagingnya adalah thariqat
Minyaknya adalah haqiqat
Minyak kelapa bekas kata orang Sunda : JALAN - TAH : ITULAH JALANNYA … Yang pernah dilalui oleh Rosulullah dan para sufi…

Menurut  Al Ghazali
Tasawuf cara untuk mencapai makna haqiki ajaran Islam. Pelajaran tata cara memurnikan-menyucikan lahir dan bathin agar menjadi insan kamil yang mendapatkan keridhoan Allah… melalui dzikrullah sehingga mencapai proses fana dalam dirinya, baqo dalam Tuhannya, musnah egonya, tenggelam dalam Tuhannya.   Akhirnya mencapai kasyaf, terbukanya hijab

Ada 3 tahap dari Al Ghazali
Bersihkan hati
Kontemplasi-dzikir-meditasi
Fana - lebur dan kasyaf - terbukanya hijab
Selanjutnya mi’raj-pendakian
Dari mayaz (bayangan) ke puncak haqikat
Musyahadah-mukasyafah
Penyaksian langsung

Kata Jalaluddin Rumi
Bila makrifat kepada Dzat ingin kau dapat, lepas aksara, galilah makna
Bila kau bijak, ambilah mutiara dari cangkangnya… jangan terpaku pada kulit…
Kitab apapun ibarat perahu yang membawa kita berlayar ke tengah lautan ketuhanan.  Bila ingin mutiaranya kita harus menyelam ke dasarnya. Tidak hanya duduk diatas perahu…
Lepas aksara galilah makna… Katupkan bibirmu, tutup matamu, sumbat telingamu… tertawakan aku manakala engkau tidak bisa melihat rahasia Al Haq….
Artinya berdzikir – meditasi … Dalam dzikir, Allah akan memperlihatkan Cahayanya…!!!
Syariat ibarat perahu. Thariqat adalah lautan.  Haqiqat adalah mutiaranya.  Kita harus menyelam ke dasar qolbu  untuk mendapatkan mutiaranya …
Di dalam qolbu ada Cahaya Surga…  Rupa yang dipuja setiap insan
Sia-sialah mencari DIA dengan nafsu
Hanya cinta yang dapat membunuh ular nafsu
Lewat air mata do’a dan nyala rindu
Dengarkan suara di dalam hatimu …Selamat berpisah

Kata kunci Rumi :
Cahaya Surga
Rupa Yang Di Puja
Nafsu
Cinta, do’a, nyala rindu
Suara hati
Selamat berpisah
Rumi sudah melihat Cahaya-NYA, mukasyafah , terbukanya hijab, tanpa nafsu, kemudian dia mi’raj , out of body..  Rumi mengucapkan selamat berpisah bagi mereka yang berhasil mi’raj…out of body

Kata Charan Singh - Hindu
Untuk bertemu Tuhan , harus bisa mati selagi hidup, melalui meditasi pada kekuatan Cahaya dan Suara di dalam
Suara di dalam itulah yang dapat menarik kita naik ke dalam cahaya
Tanpa meditasi, tanpa mati selagi hidup, tidak bisa masuk ke dalam untuk bertemu Tuhan, Maha Guru Sejati…  Guru Sejati ada di dalam diri

Kata Suma Ching Hai – Budha
Pada  awalnya berbeda-beda, untuk mencapai puncak hanya ada satu jalan, melalui metode KUAN YIN yaitu metode transendental yang tak terjangkau akal melalui penglihatan dan pendengaran ruhani.
Ruh merupakan manifestasi Cahaya dan Getaran Suci, yaitu … Getaran di Dalam kolbu atau Suara Hati atau Suara Hening.   Semua ditransmisikan dalam keheningan…
Semua ajaran berasal dari Suara Hening, Getaran Suci, Suara hati  melalui Meditasi, pada  Cahaya dan Shabda…
§  Shabda adalah : Bahasa Ruh yang akan membawa kita pada Sumber Asal-nya. Shabda adalahsuara hening.  Shabda adalah bahasa universal dari cinta kasih universal dan kecerdasan agung.  Melalui suara hening ini kita bisa berkomunikasi dengan Ruh dalam bahasa apapun…karena bahasa ruh adalah bahasa universal…

Kata Nabi Muhammad saw :
Segala sesuatu ada pembersihnya, pembersih qolbu adalah dzikir
Jalan terdekat menuju kepada Allah adalah dzikir …!!!
Manusia dalam keadaan tidur, ketika mati dia terbangun … Ruhnya bangkit

2 comments:

  1. Apa pengalaman meditasi yang dialami orang buda sama dengan pengalaman khasaf dalam agama Islam ?

    ReplyDelete
  2. setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda.

    ReplyDelete